Choosing the Perfect Cloud Service Provider

Choosing the Perfect Cloud Service Provider

Cloud computing menjadi salah satu ‘gaya hidup’ bagi perusahaan yang ingin terus mengakselerasi bisnis dan memenangkan persaingan pasar di zaman sekarang. Hal ini pun semakin didukung dengan banyaknya kehadiran penyedia layanan cloud baik di dalam maupun luar negeri.

Banyaknya penyedia layanan cloud tentu membuka peluang lebih besar bagi pelaku bisnis untuk menentukan penyedia mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan kondisinya. Namun di sisi lain, terlalu banyak pilihan juga kerap menimbulkan kebingungan tersendiri. 

Nah, bagi Anda yang sedang memilih penyedia layanan cloud yang tepat, berikut adalah beberapa tipsnya.

  • Keamanan Data

Data is the new currency. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar dapat menjaga dengan baik aset perusahaan yang satu ini agar tak sampai hilang apalagi bocor ke pihak lain.

Pilihlah penyedia layanan cloud yang memiliki standar keamanan yang apik dan diperbarui serta dimonitor secara berkala. Adapun keamanan data yang perlu diperhatikan adalah enkripsi data, antivirus, firewall, dan multifactor use authentication.

  • SLA

SLA (Service Level Agreement) jaminan tingkat pelayanan yang diberikan oleh pihak penyedia kepada Anda. Sederhana saja—semakin tinggi SLA yang diberikan, tingkat keandalan layanan yang diberikan pun semakin baik. Adapun SLA biasanya tercantum dalam kontrak sehingga pihak penyedia pun harus memenuhi SLA tersebut. 

Kontrak juga akan mengatur rincian SLA yang dimaksud seperti apa berikut pinalti jika kesepakatan tersebut tidak terpenuhi. Umumnya hal ini akan berdampak pada tagihan dan restitusi, tetapi masing-masing penyedia mempunyai kebijakannya masing-masing.

  • Backup dan Pemulihan Bencana

Layanan cloud juga bukannya tidak lepas dari risiko—bahkan penyedia layanan cloud computing global pun mengalami gangguan layanan dan bencana. Maka dari itu, Anda bisa menanyakan pada pihak penyedia terkait solusi mitigasi.

Tanyakan apakah pihak penyedia memberikan opsi layanan backup di lokasi yang berbeda sehingga dampak bencana dapat diminimalkan. Pasalnya jika tidak ada, Anda pun harus melakukan replikasi ke penyedia lainnya untuk mengamankan data.

  • Harga

Setiap penyedia layanan cloud mematok tarif berbeda-beda berikut skema pembayarannya. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Namun satu hal yang perlu diingat, ada harga ada rupa.

Perhatikan pula apa saja yang akan Anda dapatkan dari menggunakan layanan dari penyedia tersebut. Di samping produk cloud, aspek support dan maintenance juga perlu diperhitungkan. Jangan sampai hanya karena mengejar murah, Anda jadi mengabaikan faktor-faktor substansial lainnya.

Baca juga: Ketahui Lebih Banyak tentang Teknologi Cloud

  • Local Support

Kebutuhan mengakses data dapat terjadi kapan saja—pun masalah juga dapat muncul tanpa pertanda. Pilih penyedia layanan cloud yang menawarkan layanan support terbaik dan mudah untuk dihubungi.

Selain itu, local engineer dari pihak penyedia juga perlu dipertimbangkan. Local engineer akan membantu Anda mengatasi masalah terkait. Karena itu, tak perlu ragu untuk menanyakan siapa local engineer maupun spesifikasi keahlian yang dimilikinya.

Itulah lima hal penting saat memilih penyedia layanan cloud. Tak cuma soal harga, ada banyak pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan untuk mengamankan data sebagai aset penting keberlangsungan bisnis.AdIns pun memahami dengan baik hal ini. AdIns menghadirkan layanan cloud dengan sistem DRC andal untuk menjaga keamanan data Anda. Anda pun tak perlu membayar jika tidak memakainya untuk waktu tertentu. Selain itu, layanan support 24 jam kami siap membantu kapan pun Anda butuhkan.